10 Komplikasi Yang Disebabkan Oleh Penyakit Gagal Ginjal Kronik

10 Komplikasi Yang Disebabkan Oleh Penyakit Gagal Ginjal KronikPenyakit ginjal kronis atau dalam istilah medis di sebut dengan gagal ginjal kronis (GGK) merupakan kondisi dimana berkurangnya kemampuan ginjal untuk menyaring racun, zat sisa dan cairan berlebih dari darah.

10 Komplikasi Yang Disebabkan Oleh Penyakit Gagal Ginjal KronikPenyakit ini biasanya terjadi secara tiba-tiba dan petumbuhannya lambat laun, namun gagal ginjal kronik bisa berlangsung lambat dan biasanya tidak muncul hingga pasiesn menunjukkan gejala parah dan membahayakan kesehatannya.

Gagal ginjal kronik termasuk ke dalam penyakit umum yang berkaitan dengan proses penuaan.Semakin tua usia seseorang maka risikonya semakin tinggi.Diperkirakan 1/5 dari pria dan 1/4 dari wanita berusia 65-74 tahun memiliki kecenderungan yang lebih kuat untuk terkena penyakit ini.

Dan berikut ini ada beberapa faktor resiko yang bisa meningkatkan seseorang untuk terkena ataupun mengalami penyakit gagal ginjal kronik diantaranya :

  • Etnisitas
  • Faktor usia
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Makanan yang mengandung banyak protein dan lemak
  • Faktor keturunan
  • Jenis kelamin

Meskipun pada stadium awal gagal ginjal tidak menunjukan gejala apapun dan berkembang secara perlahan-lahan, namun pada stadium lanjut akan menimbulkan gejala berupa mual, muntah, diare dan nafsu makan berkurang.

Selain itu ada juga gejala lain dari gagal ginjal kronis diantaranya : lesu, sesak nafas, mati rasa, masalah mulut, sakit perut, kesemutan, terbakar kaki panas dan tangan, turunnya libido, tidak menstruasi, anemia, nyeri otot dan tulang.

10 Komplikasi Yang Disebabkan Oleh Penyakit Gagal Ginjal Kronik

Dan berikut ini ada beberapa komplikasi yang di sebabkan oleh penyakit gagal ginjal kronis, yang perlu anda ketahui dan waspadai diantaranya :

1) Serangan Jantung Dan Stroke

Penyakit jantung dan pembuluh darah (stroke) termasuk ke dalam penyebab utama kematian lebih dari 20 juta orang di Amerika Serikat yang menderita gagal ginjal kronik sehingga penderita penyakit ini memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami serangan jantung dan stroke bahkan pada penderita yang masih pada stadium awal atau ringan sekalipun.

2) Malnutrisi

Biasanya penderita gagal ginjal kronis akan mengalami penurunan berat badan, di samping itu bisa juga di akibatkan oleh adanya penumpukan racun dan juga dari faktor perubahan nafsu makan yang menurun.

3) Penyakit Jantung

Pada saat anda mengalami gagal ginjal kronik, maka anda akan berisiko terkena penyakit jantung dan telah dilaporkan lebih dari separuh kematian pada orang yang menderita gagal ginjal kronis berasal dari adanya penyakit jantung ini.

4) Perubahan Kulit

Ketika fungsi ginjal anda terganggu, maka akan terjadi endapan garam kalsium-fosfat di bawah kulit hingga menimbulkan rasa gatal.Jika rasa gatal tersebut di garuk hingga kadang-kadang sampai terluka dan terinfeksi.

Biasanya proses ini tidak kungjung membaik hingga keindahan kulit menjadi rusak bahkan terkesan kotor dan berubahb seperti kulit jagung (kasar & kering).

5) Anemia

Gagal ginjal kronik akan menurunkan hormon eritropoetin yang di butuhkan untuk pembuatan sel darah merah sehingga muncul anemia (kurangnya sel darah merah).

6) Tekanan Darah Tinggi

Karena salah satu fungsi ginjal itu adalah mengatur tekanan darah, maka anda bisa mengalami tekanan darah tinggi ketika terjadi gangguan kronis dari fungsi ginjal, yang mana kondisi ini akan mempercepat peningkatan risiko penyakit jantung.

7) Kematian

Risiko kematian pada penderita gagal ginjal kronik cukup tinggi.Dalam kejadian di lapangan, kematian sering di awali dengan sesak nafas atau kejang otot jantung atau infeksi berat sebelumnya bahkan sampai tidak sadarkan diri.

8) Tulang Lemah

Penderita gagal ginjal seringkali mengalami masalah pada tulangnya hingga kepadatan tulang menurun, yang mana penyakit tulang ini terkadang tidak terjadi pada stadium awal gagal ginjal kronik.Namun, jika tidak segera di tangani akan menyebabkan tulang menjadi nyeri dan mudah patah.

9) Gagal Ginjal Terminal

Kondisi gagal ginjal kronik yang tidak segera di tangani dengan baik akan menjadi rusak dan kehilangan fungsinya sehingga harus di ganti dengan cangkok atau harus menjalani cuci darah seumur hidup.

10) Kerusakan saraf (Neuropati)

Komplikasi ini paling sering terjadi pada pasien gagal ginjal kronik, yang mana biasanya terjadi akibat ada kaitannya dengan derajat beratnya kerusakan fungsi ginjal.

Nah, itulah beberapa komplikasi yang di sebabkan oleh penyakit gagak ginjal kronik.Jika anda mengalami salah satu komplikasi tersebut sebaiknya segera atasi dan obati.

Pencegahan Gagal Ginjal Kronik

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah perkembangan penyakit gagal ginjal yaitu dengan melakukan perubahan pola hidup sehat seperti :

  • Berolahraga secara teratur
  • Berhenti merokok
  • Mengurangi berat badan apabila terjadi obesitas
  • Jangan mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol secara berlebihan
  • Mengkonsumsi makanan sehat dengan gizi yang seimbang dan rendah lemak
  • Menjaga konsumsi garam tidak lebih dari 6 gram

Di samping itu juga, kami merekomendasikan untuk anda obat herbal gagal ginjal kronik yang jauh lebih aman untuk anda pilih dan konsumsi yakni Jelly Gamat QNC yang terbuat dari 100% bahan-bahan alami pilihan.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai 10 komplikasi yang disebabkan oleh penyakit gagal ginjal kronik, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda dan terimakasih atas kunjungannya.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *