14 Efek Samping Cuci Darah Pada Penderita Gagal Ginjal

14 Efek Samping Cuci Darah Pada Penderita Gagal GinjalCuci darah atau dialysis adalah suatu metode yang ditempuh oleh penderita gagal ginjal untuk melakukan proses penyaringan darah.

14 Efek Samping Cuci Darah Pada Penderita Gagal GinjalDarah akan secara rutin “tercuci” dari zat-zat berbahaya yang terkandung didalamnya ginjal.Yang mana penderita gagal ginjal akan memiliki ginjal yang tidak berfungsi dengan baik untuk melakukan proses penyaringan dan pembersihan darah secara alami.

Cuci darah ini menjadi wajib dilakukan secara medis untuk menggantikan fungsi kerja dari ginjal yang rusak.Selain itu, ginjal juga berfungsi untuk membuang metabolisme tubuh, kelebihan cairan di dalam tubuh, menjaga unsur kimiawi di dalam tubuh dan menjaga tekanan darah.

Dan berikut ini ada beberapa hal yang mungkin terjadi apabila ginjal anda mengalami kerusakan yakni :

  • Mengalami muntah-muntah
  • Akan merasakan gatal pada kulit
  • Akan merasa lemas
  • Mengalami koma
  • Terjadi pembengkakan pada kaki dan lengan

Nah, itulah beberapa hal yang mungkin terjadi pada penderita gagal ginjal.Maka untuk itu bagi penderita gagal ginjal, melakukan metode cuci darah atau dialysis merupakan langkah yang paling penting untuk mencegah terjadinya hal-hal seperti di atas.

Dalam proses cuci darah atau dialysis sendiri memiliki dua metode yakni :

#1 Peritoneal Dialysis

Metode peritonel dialysis menggunakan lapisan perut atau peritoneum sebagai filter dalam menyaring sisa-sisa metabolisme tubuh yang terkandung di dalam darah.

Dalam prosesnya, metode yang satu ini menggunakan selang kecil yang dipasang pada bagian perut, yang mana di dalam selang tersebut terdapat cairan dialysis yang bisa membantu memindahkan sisa-sisa metabolisme di dalam darah untuk dibersihkan dengan cairan tersebut.

Prosesnya hanya 30 sampai 40 menit, namun pasien harus mengulanginya selama 4 kali dalam sehari.Namun, peritoneal dialysis menimbulkan efek samping seperti :

  1. Peritonitis
  2. Hernia
  3. Mengalami kenaikan berat badan

#2 Hemodialysis

Hemodialysis adalah metode cuci darah yang paling banyak digunakan saat ini, yang mana metode ini menggunakan jarum yang dimasukkan ke dalam pembuluh darah untuk kemudian dihubungkan dengan selang, yang bisa mentransfer darah ke dalam mesin cuci darah.

Darah yang sudah ditransfer ke dalam alat cuci darah kemudian di saring dan dibersihkan dari sisa metabolisme, lalu kemudian mengembalikannya ke dalam tubuh.

Biasanya pasien yang menggunakan metode ini membutuhkan 3 kali proses cuci darah dalam seminggu dan berlangsung selama 4 jam.Namun metode ini menimbulkan efek samping berupa :

  1. Tekanan darah tinggi
  2. Infeksi bakteri staphylococcal
  3. Sepsis
  4. Kram pada otot
  5. Gatal pada kulit
  6. Insomnia
  7. Sakit pada tulang dan persendian

Disamping itu juga, kedua metode cuci darah tersebut memiliki efek samping yang sama-sama bisa terjadi dan peling terada ketika melakukan proses cuci darah secara umum diantaranya :

  1. Kelelahan
  2. Kondisi fisik yang lemah
  3. Stress dan rasa cemas
  4. Menghabiskan uang

Nah, itulah beberapa metode cuci darah yang biasanya dilakukan oleh penderita gagal ginjal.Namun, selain melakukan cuci darah anda juga bisa mengkonsumsi obat herbal gagal ginjal tanpa cuci darah yakni dengan Jelly Gamat QNC.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai 14 efek samping cuci darah pada penderita gagal ginjal, semoga bisa bermanfaat bagi anda dan terimakasih atas kunjungannya.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *