Makanan Sehat Untuk Penderita Gagal Ginjal

Makanan Sehat Untuk Penderita Gagal GinjalPenyakit gagal ginjal merupakan kondisi di mana ginjal tidak mampu lagi bekerja secara normal untuk menyaring zat-zat dalam darah.

Makanan Sehat Untuk Penderita Gagal GinjalAdanya kondisi atau penyakit tertentu seperti tekanan darah tinggi atau hipertensi dan diabetes yang memberikan tekanan pada ginjal menjadi penyebab terjadinya penyakit ginjal.Hal tersebut karena jika ada tekanan yang berlebih akan di alirkan jantung melalui pembuluh darah besar maupun kecil yang bisa merusak organ tubuh terutama ginjal.

Namun, selain itu juga ada beberapa hal lain yang bisa meningkatkan risiko terkena penyakit gagal ginjal kronis diantaranya :

  • Gangguan ginjal polisistik
  • Glomerulonefritis atau peradangan pada ginjal
  • Pielonefritis atau infeksi pada ginjal
  • Akibat adanya penyumbatan atau gangguan jangka panjang pada saluran kemih
  • Kondisi vesicoureteral reflux
  • Akibat penggunaan obat-obatan tertentu dalam jangka waktu panjang
  • Lupus eritematosus sistemik
  • Kegagalan pertumbuhan ginjal pada janin saat dalam kandungan

Maka jika anda ingin terhindar dari penyakit gagal ginjal sebaiknya anda perlu merubah gaya hidup yang lebih sehat lagi terutama dalam asupan makanan, karena mengatur pola makan sangat bertujuan untuk menjaga kesembangan cairan dalam tubuh penderita dan untuk meningkatkan kesehatan penderita supaya bisa beraktivitas normal.

Makanan Sehat Untuk Penderita Gagal Ginjal

Dan berikut ini ada beberapa makanan yang baik untuk penderita gagal ginjal karena mengandung antioksidan tinggi supaya bisa membantu menetralkan radikal bebas dalam tubuh diantaranya :

#1 Anggur Merah

Salah satu buah ini memiliki khasiat sebagai detoksifikasi alami bagi tubuh sehingga bisa membantu mengurangi kinerja ginjal dalam menyaring limbah dalam tubuh manusia.

#2 Apel

Buah yang memiliki serat tinggi dan memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa membantu mengurangi kolesterol, mencegah sembelit, melindungi terhadap penyakit jantung dan mengurangi risiko kanker serta sangat cocok sekali jika di konsumsi oleh penderita gagal ginjal.

#3 Minyak Zaitun

Minyak zaitu di percaya sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia karena memiliki sifat sebagai anti inflamasi dan antioksidan sehingga bisa membantu menyehatkan organ ginjal.

#4 Buah Ceri

Tidak hanya memiliki rupa yang hampir sama dengan anggur, ternyata buah ini memiliki kandungan antioksidan dan fitokimia yang tinggi sehingga sangat baik untuk penyakit jantung dan ginjal.

#5 Blue Berry

Buah yang mengandung senyawa antosianin merupakan antioksidan yang super sangat di butuhkan oleh tubuh, karena bisa mencegah kerusakan tulang dan bisa menjaga kesehatan organ ginjal.

#6 Bawang Putih

Dengan memiliki aroma khasnya yang cukup menyegat sehingga tidak banyak orang yang menyukainya, namun tidak bisa di pungkiri jika bawang putih bisa menurunkan resiko penyakit pada ginjal karena mampu mencegah proses oksidasi dan pembekuan darah.

#7 Rasberry

Buah yang termasuk dalam keluarga berry ini mengandung senyawa phytonutrient yang memiliki fungsi sebagai asam ellagic alami yang bisa menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan ginjal, selain itu juga mengandung antosianin sebagai antioksidan alami yang bisa menyehatkan organ ginjal.

#8 Kecambah / Touge

Mungkin touge bisa anda temui pada makanan sehat yang memiliki manfaat yang sangat luar biasa sehingga sangat baik jika di konsumsi oleh penderita gagal ginjal serta mampu menyembuhkan pembentukan batu ginjal.

#9 Bawang Merah

Bawang merah ini memiliki fungsi sebagai penghancur limbah-limbah dalam tubuh sehingga bisa membantu mengurangi kinerja ginjal.

#10 Paprika Merah

Mungkin jarang sekali orang mengkonsumsi paprika merah namu sayuran yang satu ini sangat baik untuk penderita gagal ginjal kronis dan penderita batu ginjal.

#11 Ikan

Pada penderita kerusakan ginjal pastinya tidak di anjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung jumlah protein yang tinggi seperti daging merah, ayam dan lainnya.Maka untuk gantinya anda bisa mengkonsumsi ikan yang mengandung omega-3 yang tinggi seperti ikan tuna, ikan salmon, ikan mackarel dan lainnya.

#12 Kubis / Labu

Kubis biasanya dijadikan menu lalapan yang memiliki manfaat untuk meningkatkan fungsi ginjal, hal ini sangat berguna sekali untuk meningkatkan fungsi ginjal, maka untuk itu bagi penderita gagal ginjal di anjurkan untuk mengkonsumsi kubis.

Itulah beberapa makanan sehat bagi penderita gagal ginjal yang bisa anda pilih untuk mengurangin risiko terkena penyakit gagal ginjal dan bisa menyehatkan ginjal sehingga fungsi utama ginjal bisa bekerja secara normal.

Info Pengobatan :

Bagi anda yang menderita penyakit gagal ginjal kronis sebaiknya konsumsi obat herbal gagal kronis tanpa cuci darah yang mana jauh lebih aman untuk di konsumsi tanpa menimbulkan efek samping karena di ciptakan dari 100% bahan alami.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai makanan sehat untuk penderita gagal ginjal, semoga bermanfaat bagi anda dan terimakasih banyak atas kunjungannya.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *