Minuman Penyebab Gagal Ginjal

      No Comments on Minuman Penyebab Gagal Ginjal

Bagi anda penderita gagal ginjal sangatlah penting untuk mengetahui beberapa minuman penyebab gagal ginjal, agar penyakit yang anda derita tidak semakin parah dan pengobatan yang sedang anda jalani berjalan maksimal.

Berikut ini kami akan berikan anda informasi seputar minuman penyebab gagal ginjal tersebut ? Silakan di simak informasi lebih lengkapnya dalam artikel ini.

Minuman Penyebab Gagal Ginjal

Minuman Penyebab Gagal Ginjal

Ginjal adalah organ penting di dalam tubuh yang memegang peran untuk metabolisme tubuh.Selain itu, ginjal juga memiliki peran penting dalam mengeluarkan cairan limbah tubuh berupa urine, membersihkan darah dan menjaga keseimbangan larutan garam dan mineral dalam darah.

Maka dengan begitu bisa anda bayangkan apa yang akan terjadi jika ginjal mengalami kerusakan atau kegagalan dalam menjalani fungsinya, pastinya akan sangat berbahaya bagi tubuh dan bahkan bisa menyebabkan kematian.

Pada dasarnya penyakit gagal ginjal disebabkan karena konsumsi makanan atau minuman jenis tertentu, mengkonsumsi jenis minuman dalam jumlah banyak dan waktu yang lama akan menimbulkan efek bagi kinerja ginjal.

Dimana beberapa minuman dipercaya bisa menganggu dan merusak ginjal, berikut ini ada beberapa minuman penyebab gagal ginjal diantaranya :

(1) Produk Susu

Pada dasarnya tubuh sangat membutuhkan kalsium karena membantu dalam proses pembentukan dan kekuatan tulang.Dimana kalsium bisa diperoleh dari konsumsi minuman yang mengandung kalsium seperti produk susu.

Namun pada beberapa kondisi konsumsi dalam jumlah yang berlebihan akan menyebabkan gangguan pada ginjal, karena kalsium bisa merusak fungsi utama ginjal.

(2) Minuman Kemasan

Minuman kemasan baik kaleng maupun botol yang banyak diminati karena praktis, murah dan tentunya enak menjadi pilihan mengapa minuman kemasan sangat digemari.

Namun tahukah anda bahwa beberapa zat yang terkandung dalam minuman kemasan bisa memberikan dampak burk bagi kesehatan tubuh, terutama bagi organ ginjal.

(3) Jus Jeruk

Meskipun kaya akan vitamin C yang merupakan sumber antioksidan bagi tubuh, namun mengkonsumsi jus jeruk yang berlebihan akan menimbulkan tumpukan kalsium yang berlebihan di dalam tubuh.

Dimana hal ini akan berdampak pada beban kerja ginjal semakin berat dan jika berlangsung dalam waktu yang lama maka akan menimbulkan kerusakan pada ginjal.

(4) Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol termasuk salah satu minuman yang harus dihindari jika ingin terhindar dari penyakit gagal ginjal, karena kandungan yang ada di dalam alkohol yang tinggi akan sangat merusak ginjal dan menggangu fungsi.Apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan dan terus menerus bisa menyebabkan gagal ginjal kronis.

(5) Minuman Berpemanis Buatan

Minuman berpemanis buatan selain berbahaya bagi kesehatan tubuh, ternyata juga bisa menimbulkan dampak lain yakni terjadinya gagal ginjal.

Kerusakan ginjal yang diakibatkan karena konsumsi minuman berpemanis buatan dikarenakan kandungan gula dan rasa manis yang tinggi yang bisa merusak fungsi ginjal.

(6) Minuman Pengawet

Zat pengawet yang terkandung pada minuman yang dikonsumsi akan sangat berbahaya bagi tubuh, akumulasi zat pengawet dalam jumlah banyak akan bisa menimbulkan kerusakan pada ginjal.

(7) Jus Tomat

Minuman penyebab gagal ginjal yang terakhir adalah jus tomat, konsumsi jut tomat yang berlebihan akan berakibat pada terjadinya kerusakan pada ginjal.

Karena kandungan kalium pada jus tomat jika dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan beban kerja ginjal semakin berat sehingga akan menyebabkan ginjal mengalami kerusakan.

Nah itulah beberapa minuman penyebab gagal ginjal yang harus anda hindari, namun pada dasarnya semua jenis minuman tersebut tidak dilarang untuk dikonsumsi akan tetapi harus sesuai dengan kebutuhan dan tidak berlebihan.

Selain mengetahui beberapa minuman penyebab gagal ginjal, anda juga perlu mengetahui beberapa cara untuk mengatasi penyakit gagal ginjal agar tidak menuimbulkan keparahan yakni :

  • Berolahraga secara teratur
  • Hindari makanan dan minuman yang bisa menjadi penyebab gagal ginjal
  • Minum air putih minimal 8 gelas perhari
  • Istirahat yang cukup dan kurangi begadang malam
  • Lakukan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat
  • Jangan pernah mengkonsumsi obat tanpa ada resep dari dokter
  • Mengentikan kebiasaan yang merusak tubuh seperti merokok dan mengkonsumsi obat-obatan tertentu
  • Tidak menahan hasrat saat ingin buang air kecil
  • Mengurangi konsumsi garam yang berlebihan
  • Bagi penderita obesitas segera kurangi berat badan

Semoga informasi yang kami sampaikan pada kesempatan kali ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda serta bisa menjawab rasa ingin tahu anda.Terimakasih Atas Kunjungannya !

Baca Juga :

post by : Obat Herbal Gagal Ginjal Kronis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *