Pantangan Makanan Untuk Penderita Gagal Ginjal Kronik

Pantangan Makanan Untuk Penderita Gagal Ginjal Kronik – Kita sering mendengarkan sebuah istilah bahwa kesehatan itu mahal harganya, namun apa yang bisa kita lakukan jika sebuah penyakit telah bersarang di tubuh kita.

Pantangan Makanan Untuk Penderita Gagal Ginjal KronikPastinya hal utama yang bisa dilakukan yakni menjaga agar penyakit tersebut tidak semakin parah.Begitupun dengan penderita gagal ginjal kronik, melakukan perubahan pola makan dan diet sehat adalah salah satu patokan untuk kembali hidup sehat.

Tahukah Anda ?

Gagal ginjal sendiri adalah kondisi dimana sebuah proses perusakan ginjal yang umumnya memiliki rentan lebih dari tiga bulan dan bisa membunuh penderitanya secara perlahan-lahan.

Pada umumnya penyakit ini banyak dialami oleh orang dewasa sekitar 75% dan hal seperti ini umumnya disebabkan oleh hipertensi, diabetes melitus dan glomerulonephritis.Namun, pada stadium awal tidak akan menimbulkan gejala apapun, akan tetapi anda baru akan memahami saat kinerja ginjal anda menurun secara signifikan.

Salah satu upaya untuk menjaga kesehatan ginjal dan bisa bertahan hidup lama banyak pantangan-pantangan yang harus dilakukan dan lakukan beberapa perubahan.Hal utama yang menjadi makanan pantangan penderita gagal ginjak kronik adalah konsumsi kalsium dan protein rendah fosfat.

Maka perubahan-perubahan yang bisa dilakukan oleh penderita gagal ginjal kronik yakni :

  • Membatasi cairan
  • Diet rendah protein
  • Membatasi konsumsi makanan yang banyak mengandung garam, kalium dan fosfor
  • Mendapatkan cukup kalori jika sudah kehilangan berat badan yang normal

Makanan merupakan salah satu sumber tenaga bagi tubuh manusia.Seringkali makanan menjadi faktor penentu kondisi kesehatan seseorang yang mengkonsumsinya.Banyak konsumsi makanan yang kurang sehat dan tidak baik malah memberkan pengaruh buruk bagi kesehatan.

Nah, untuk itu berikut ini ada beberapa pantangan bagi penderita gagal ginjal kronik yang harus di hindari diantaranya :

  1. Karbohidrat
  2. Lemak
  3. Protein
  4. Hindari mengkonsumsi sayur atau buah dengan kalium tinggi
  5. Jangan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung garam berlebih
  6. Hindari makanan yang mengandung zat fosfor
  7. Batasi cairan dalam tubuh
  8. Hindari makanan berbahan pengawet kimia
  9. Jangan mengkonsumsi seafood

Tidak hanya itu, penderita gagal ginjal kronik juga harus melakukan diet yang bertujuan untuk menjaga kadar elektrolit, mineral dan cairan dalam tubuh supaya tetap seimbang dan terkontrol.

Hal ini juga bisa membantu anda dalam membatasi penumpukan produk limbah dalam tubuh yang bisa menambah bahaya penderita gagal ginjal kronik.

Nah, itulah beberapa pantangan makanan untuk penderita gagal ginjal kronik yang harus dihindari supaya penyakit yang deritanya tidak menimbulkan keparahan serta terapi pengobatan yang sedang anda lakukan bisa maksimal.

Terimakasih banyak atas kunjungannya dan telah menyimak artikel sederhana ini semoga bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan serta menjawab rasa ingin tahu anda.

Info Pengobatan :

Bagi anda yang menderita gagal ginjal kronik, sebaiknya konsumsi secara rutin obat herbal gagal ginjal kronik tanpa cuci darah yakni Jelly Gamat QNC yang berkomposisikan dari 100% bahan alami yang aman tanpa menimbulkan efek samping.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *